Sunday, December 28, 2008

Selamatkan Data dari Haddisk Bermasalah

Pernahkah anda mendengar PC's "click of death" ? Jika pernah, anggaplah diri anda beruntung karena itu merupakan suara tanda harddisk mulai menuju ajal(:-p) dan harddisk tidak bisa diperbaiki dan hanya akan bertambah parah. Jika anda sudah mendengar suara itu, maka inilah saatnya bagi anda untuk segera membeli harddisk baru.
Jika anda pintar, anda pasti sudah membuat full backups data anda selama ini, sehingga jika terjadi kerusakan pada harddisk maka data anda dengan mudah bisa direcovery. Tapi jika tidak, anda harus bertindak cepat. Pinjam atau beli harddisk external teman dan copy semua data penting anda sebelum harddisk tersebut mati dan tidak bisa diakses lagi.
Namun jika harddisk anda mencapai pada tahap dimana Windows tidak lagi dapat booting, sebuah boot CD berbasis Linux, seperti "Ultimate Boot CD" atau yang berbasis Windows , seperti "UBCD4WIN" dapat anda gunakan untuk melakukan booting.
Setelah file didownload, burn ke CD dan anda sudah dapat melakukan booting dari CDROM tanpa harus menjalankan Windows dari harddisk. Setelah berhasil booting, jika anda beruntung maka segeralah copy file-file penting anda ke harddisk lain.
Namun jika cara ini gagal juga maka anda harus bersiap-siap merogoh kocek untuk menyewa jasa professional data-recovery atau bahkan kehilangan data anda.

No comments: